-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Vanda Sarundajang : "Bea Siswa PIP Tak Boleh Ada Pemotongan"

Senin | Oktober 07, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-07T13:22:09Z


Minahasa | 88News.id: Sejak bertugas di Komisi X DPR RI pada 7 Tahun yang lampau, Vanda Sarundajang memperjuangkan Bea Siswa Program Indonesia Pinter (PIP) agar dapat meringankan beban biaya Pendidikan Siswa-Siswi SD SMP SMA/SMK di Daerah Pemilihannya Sulawesi Utara (Sulut) terutama bagi  peserta didik yang berasal dari keluarga yang kurang mampu atau ekonomi lemah. 


Selain itu, siswa-siswi SD SMP SMA/SMK yang berpresrasi di sekolah masing-masing, juga berhak menjadi penerima bea siswa PIP Aspirasi Vanda Sarundajang tersebut. Jelang ahir masa baktinya di Periode ke 3 tahun (Ahir bulan September 2024) yang selama 15 tahun menjadi wakil rakyat Sulut di DPR RI, Vanda tak kunjung berhenti  mengaspirasikan beasiswa PIP tersebut. Sehingga pada medio pertengahan bulan September 2024 tahun ini, kembali para Siswa-Siswi SD SMP SMA/SMK masih bisa mendapatkan bea siswa PIP. 


"Dari sejak 7 tahun lampau, saya selaku anggota DPR RI Komisi X, mewanti-wanti agar penyaluran PIP di setiap tahun, jangan sampai ada pemotongan dari pihak manapun", ujar Vanda yang populis dikenal sebagai VaSung di Sulut.


Sebelum adanya pendataran calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa (27, 28, 29 Agustus 2024), dimana Vanda masih resmi sebagai Anggota DPR RI, pada awal bulan Mei dan Juni 2024, Vanda telah mengusulkan atau mengaspirasikan PIP 2024 bagi Siswa Siswi di Sulut. 


Alhasil, pertengahan bulan September 2024 ada 55 ribu Siswa yang berhasil meraih PIP dalam Surat Keputusan (SK) Kemeterian Pendidikan Dan Kebudayaan & Riset Teknologi (KEMENDIKBUD & RISTEK) RI dalam dua kategori, yakni SK Nominasi dan SK Pemberian. Bagi peserta didik yang namanya tercantum dalam SK Nominasi, sebelum menarik dana PIP di Bank BRI atau BNI, terlebih dahulu membuat buku rekening (Aktivasi) pada Bank yang bersangkutan. 


Setelah mengaktivasi Rekening Bank tersebut, pada 2 pekan atau 3 pekan mendatang, sudah dapat menarik dana bea siswa PIP. Aktivasi rekening PIP ini diberikan dispesasi hingga ahir Januari 2025 tahun depan. 


Kepada siswa yang namanya termasuk dalam SK Pemberian, itu dapat secara langsung menarik dana PIP di Bank BRI bagi siswa SD SMP atau BNI bagi siswa SMA/SMK.


Soliditas Tim VaSung bentukan Vanda Sarundajang yang sudah eksis sejak 15 tahun lampau, adalah garda terdepan selama ini dalam menyalurkan bea Siswa PIP, pada masing-masing siswa di Kabupaten dan Kota se Sulut selama 7 tahun berturut-turut.


Vanda Sarundajang yang baru saja mengakhiri masa baktinya di DPD RI dan kini telah resmi ditetapkan KPUD Minahasa calon Wakil Bupati Minahasa dari partai PDI Perjuangan mendampingi Calon Bupati Minahasa Dr. Robby Dondokambey sejak ahir bulan September 2024 lalu, berharap agar penyaluran bea siswa PIP 2024 ini tetap berjalan sebagaimana mestinya. Lancar dan sesuai aturan yang berlaku serta tanpa pemotongan apapun.


Vanda tidak menampik jika sekarang dirinya berada di tengah situasi admosfire politik. Namun menurut Vanda dalam pengusulan bea siswa PIP, selama ini tidak pernah memilah-milah siswa mana dan dari latar belakan orang tua mana. Yang pasti para siswa yang diusulkan selama ini untuk meraih PIP bukanlah dari kalangan anak Aparat Sipil Negara (ASN) atau dari anak-anak anggota TNI atau anggota POLRI. Hanya ada pengecualian pada saat masa Bencana Kesehatan Pandemi Covid 19. Semua anak didik dari semua latar belakang profesi orang tua murid, tidak terbatas pada yang bukan ASN atau TNI POLRI, semuanya bisa diusulkan dan semua bisa menjadi penerima bea siswa PIP pada saat masa Pandemi Covid melanda tanah air kita.


"Tentunya tidak seluruhnya siswa siswi di Sulut bisa semua meraih PIP, namun PIP ini masih akan terus berlanjut dan sekalipun nanti saya sudah tidak menjadi anggota DPR RI, namun PIP untuk meringankan beban biaya Pendidikan,  masih bisa diperjuangkan untuk diusulkan. Demi meringan beban ekonomi masyarakat yang bertaraf ekonomi lemah yang ada di Daerah kita Sulut tercinta", tutup VaSung. (Harry)

×
Berita Terbaru Update