-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kapolres Tanah Karo Salurkan Bantuan Sosial Kepada Warga Terdampak Bencana Longsor dan Banjir Bandang di Kecamatan Juhar

Minggu | Oktober 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-13T03:41:37Z

Foto : Kapolres Tanah Karo didampingi PJU saat memberikan bantuan sosial kepada warga masyarakat yang terdampak musibah. (Dok)


Kabanjahe |  88News.id : Kapolres Tanah Karo, AKBP Eko Yulianto, didampingi Waka Kompol Zulham, dan beberapa PJU serta Kapolsek Juhar, AKP A. Nainggolan, S.H, menyalurkan bantuan sosial kepada warga terdampak bencana longsor dan banjir bandang yang melanda Kecamatan Juhar, Kamis (10/10/2024). 


Hujan deras yang mengguyur wilayah ini menyebabkan longsor di tiga titik dan banjir bandang yang merusak tujuh rumah di Desa Ketawaren, serta menutup akses jalan utama di sejumlah lokasi.


Kapolres Tanah Karo AKBP Eko, menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Polres Tanah Karo terhadap masyarakat yang terkena musibah. "Kami memberikan bantuan berupa kebutuhan bahan pangan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan warga di pengungsian. Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban mereka selama masa evakuasi," ujar AKBP Eko Yulianto saat menyerahkan bantuan di posko pengungsian di SD Negeri 1 Juhar.


Bantuan tersebut disalurkan kepada 70 kepala keluarga, yang totalnya mencakup 104 jiwa, yang saat ini mengungsi akibat rumah mereka tertimpa material longsor atau terkena dampak banjir. Selain itu, AKBP Eko Yulianto juga memastikan bahwa Polres Tanah Karo bersama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait akan terus melakukan upaya evakuasi dan pembukaan akses jalan yang tertutup longsor.


Selain bantuan logistik, Polres Tanah Karo juga telah menurunkan tim dokter kesehatan ke lokasi pengungsian. Tim ini bertugas untuk memberikan pemeriksaan kesehatan kepada para pengungsi, terutama yang rentan seperti lansia, anak anak, dan ibu hamil. "Kami ingin memastikan bahwa kondisi kesehatan para pengungsi tetap terjaga selama di tempat penampungan," jelas Kapolres. Tim kesehatan juga menyediakan obat obatan dan layanan medis bagi warga yang membutuhkan.

 

Setelah bencana terjadi, Polres Tanah Karo segera bergerak cepat berkoordinasi dengan TNI dan Dinas PU untuk membersihkan material longsor dan banjir. "Saat ini tim gabungan terus bekerja, termasuk mengoperasikan alat berat untuk membuka akses jalan yang terputus. Kami berupaya secepat mungkin agar masyarakat dapat kembali ke rumah dengan aman," jelas Kapolres.


Kapolres juga mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap potensi bencana susulan mengingat kondisi cuaca yang masih tidak menentu. "Kami akan terus memantau situasi dan memastikan warga tetap aman di tempat pengungsian hingga kondisi benar benar memungkinkan mereka kembali ke rumah," tambahnya.


Selain memberikan bantuan fisik, Kapolres juga mengajak warga untuk tetap menjaga kekompakan dan saling membantu di tengah situasi sulit ini. "Solidaritas dan kebersamaan adalah kunci untuk melalui masa masa sulit. Kami akan terus hadir untuk membantu dan memastikan situasi tetap terkendali,” pungkas AKBP Eko Yulianto.  (Calvin).

    

 

×
Berita Terbaru Update