Isya Tetap Terapkan Pola Hidup Sehat Meski Terdaftar Sebagai Peserta JKN -->

Sponsor

Isya Tetap Terapkan Pola Hidup Sehat Meski Terdaftar Sebagai Peserta JKN

Selasa
Foto : Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Isya Ansori


Kabanjahe | 88News.id  : Salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Isya Ansori (27), warga masyarakat, menerapkan pola hidup sehat karena kesehatan merupakan aset penting dalam kehidupan. Untuk itu, menjaga kesehatan sangat diperlukan agar tubuh selalu bugar dan terhindar dari serangan penyakit.


Kacab BPJS Kesehatan Kabanjahe, drg Nora Duita Manurung dalambasiaran Persnya kepada Awak Media ini, mengatakan, meski sudah memiliki jaminan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan melalui program JKN, Isya tetap menunjukkan komitmennya dalam menjaga kesehatan. Isya kerap kali melakukan aktivitas fisik seperti rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Ia mengaku di dekat rumahnya terdapat tanah lapang yang mendukung dirinya untuk berolahraga seperti jogging.


Selain itu, Isya kerap kali melakukan olahraga lari dengan jarak tertentu. Menurutnya, melakukan aktivitas fisik tersebut merupakan hal penting yang harus diterapkan rutin untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh agar aktivitas sehari-hari berjalan lancar.


"Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, setiap pagi saya selalu rutin melakukan aktivitas fisik. Kebetulan rumah saya dekat dengan lapangan, sehingga menjadi fasilitas bagi saya untuk melakukan olahraga. Biasanya olahraga yang saya lakukan itu jogging, terkadang juga lari. Kalau untuk lari biasanya saya menentukan dengan jarak tertentu," tutur pemuda asal Desa Krenceng, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Isya dalam keterangannya, dikutip Senin (30/9/2024).


Terdaftar sebagai peserta JKN tidak lantas membuat Isya bergantung pada program tersebut untuk memberikan jaminan kesehatan kepada dirinya. Ia menganggap JKN yang dimiliki sebagai bentuk perlindungan terakhir apabila dirinya membutuhkan pelayanan kesehatan.


Isya juga menegaskan jika perlindungan pertama adalah datang dari diri sendiri dengan tetap aktif menjaga kesehatan. Namun, ia juga mengakui ada banyak manfaat dari program JKN yang sudah dirasakannya.


"Mempunyai JKN ini sebagai asuransi kesehatan jika sewaktu-waktu membutuhkannya. Manfaat yang diberikan JKN juga sangat banyak, salah satunya saya bisa berobat secara gratis. Walau sudah punya JKN menurut saya hal yang paling penting adalah menjaga kesehatan, bisa dengan berolahraga dan juga mengatur pola makan. Dengan sering melakukan aktivitas fisik saya merasa lebih bertenaga dan sehat berkat kebiasaan ini," kata Isya.


Dalam hal iuran, Isya selalu rutin membayar setiap bulannya. Ia tidak keberatan dengan masalah iuran karena sebanding dengan manfaat yang diterima. Apalagi, selama menggunakan JKN Isya tidak pernah menemui adanya perbedaan dengan pasien umum.


Ia mengaku lebih tenang menjadi peserta JKN apabila suatu saat mengalami masa sulit. Sebab, ada JKN yang memberikan jaminan bagi banyak orang.


"Memang JKN ini sangat memberikan manfaat yang banyak. Apalagi jika ke depannya terdapat hal yang di luar kendali atau sedang dalam masa sulit, ketika membutuhkan layanan kesehatan maka sudah tidak perlu khawatir karena ada JKN. Tanpa JKN, biaya berobat bisa sangat mahal," tuturnya.


Isya juga mendorong masyarakat untuk tidak ragu mendaftar menjadi peserta JKN. Ia menegaskan untuk lebih peduli terhadap kesehatan terutama bagi generasi muda. Baginya, menjaga kesehatan itu penting dan berolahraga bisa jadi salah satu caranya. Dengan komitmen untuk tetap sehat dan aktif, Isya adalah contoh nyata bahwa program JKN bisa menjadi pelengkap dalam usaha menjaga kesehatan.


"Dengan memiliki JKN kita akan bisa lebih tenang dalam hal kesehatan karena sudah ada yang menanggung apabila membutuhkan layanan kesehatan. Untuk anak-anak muda mari mulai dibiasakan berolahraga supaya tetap sehat. Meski sudah punya JKN, aktivitas fisik menjaga hidup sehat harus tetap diutamakan," ucap Isya.(Calvin)

     

Baca Juga

Berita Terbaru