BPJS Kesehatan Beri Penghargaan Lima Media dengan Karya Tulisan Terbaik -->

Sponsor

BPJS Kesehatan Beri Penghargaan Lima Media dengan Karya Tulisan Terbaik

Rabu

Foto : Kacab BPJS Kesehatan didampingi Kabag SDM , Umum & Komunikasi foto bersama Awak media sang juara karya tulis. (Dok)


Kabanjahe  | 88News.id : Sebagai bentuk penghargaan terhadap peranan media massa di Kabupaten Karo yang aktif mendukung BPJS Kesehatan untuk menyebarluaskan informasi dan edukasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe memberikan penghargaan kepada lima media yang berhasil membuat karya tulis terbaik bertemakan Program JKN, pada Kamis (26/09) lalu, bertempat di Kantor cabang Kabanjahe, Halan Raya Perangin-angin, Kabanjahe.


Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kabanjahe, Nora Duita Manurung dalam Siaran Persnya, Rabu (2/10/2024), menyampaikan apresiasinya terhadap kelima media yang berhasil terpilih menjadi yang terbaik dari dua puluh media yang telah mengirimkan tulisannya.


“Jika memungkinkan, kedepannya BPJS Kesehatan akan rutin melaksanakan kegiatan pemilihan penulisan terbaik pada bulan tertentu yang penyerahan hadiahnya diberikan pada saat pertemuan dengan seluruh media. Sehingga hal ini menjadi dorongan bagi rekan-rekan media dalam menulis pemberitaan positif terkait dengan Program JKN,” ujar Nora.


Nora juga mengatakan bahwa upaya peningkatan pemberian informasi dalam Program JKN tidak terlepas dari peran media melalui karya tulisan yang berkualitas. Sehingga masyarakat mendapatkan edukasi dari informasi yang terjaga validitasnya dan berimbang.


“Apabila terdapat pemberitaan negatif bukan berarti kami tidak suka dikritik, tapi kami berharap seluruh media dapat mencari terlebih dahulu informasi yang benar. Saat ini melalui Bagian SDM, Umum dan Komunikasi kami telah membuat grup Whatsapp dengan media yang menjadi mitra BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kabanjahe. Artinya grup ini adalah sebuah wadah bagi kita untuk berdiskusi. Disini juga telah hadir Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dapat menjadi penengah antara media dengan BPJS Kesehatan,semoga hubungan baik BPJS Kesehatan dengan media massa dapat terus terjalin,” tutur Nora.


Lebih lanjut, Nora mengatakan bahwa Program JKN merupakan Program yang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di berbagai pihak dan kalangan masyarakat. Melalui media, diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan untuk menyampaikan informasi terbaru seputar JKN kepada masyarakat agar segera tersampaikan. Pemberian informasi secara rutin juga dilakukan untuk menghindari mispersepsi masyarakat ditengah berbagai opini yang berkembang.


Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Pakpak Bharat, Justianus Purba menyampaikan rasa terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang sudah menyelenggarakan pertemuan tiga kali berturut- turut  mengundang rekan-rekan media dalam rangka diskusi dan memberikan informasi yang valid mengenai pelaksanaan Program JKN.


“Harapannya kegiatan pertemuan dengan media massa dapat memberikan dampak yang positif bagi program JKN terutama dalam upaya peningkatan kepesertaan Universal Health Coverage (UHC) menuju 98 persen di Kabupaten Karo. Kami juga menyarankan agar sebulan sekali kiranya BPJS Kesehatan dapat melaksanakan pertemuan dengan media untuk memberikan sosialisasi terhadap informasi update tentang JKN,” ujar Purba.


Purba menambahkan, bahwa saat ini banyak kanal layanan yang telah membantu masyarakat dalam mempermudah pengurusan administrasi JKN. Diantara beberapa layanan yang paling praktis menurut Purba adalah Aplikasi Mobile JKN serta Aplikasi Pandawa yang dapat diakses melalui whatsapp.


“Hal-hal seperti inilah yang sebenarnya harus segera diinformasikan secara gencar oleh media sehingga masyarakat tahu bahwa kepengurusan administrasi terkait JKN tidak perlu datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Cukup diakses melalui HP masing-masing peserta,” jelas Purba. (HA/sw)


Adapun karya tulis terbaik yang menerima penghargaan diantaranya adalah karya dari Media Online 88news.id dengan judul karya, Ketua PWI Kab. Karo: Taati Koridor Hukum dan Kode Etik Wartawan dalam Tugas Pers, kemudian, karya dari karosatuklik.com dengan judul karya, BPJS Kesehatan dan Pemkab Karo Konsisten Tingkatkan Kualitas Pelayanan JKN, karya ketiga dari analisadaily.com dengan judul karya, Daftar Peserta JKN Bisa Online, dan karya keempat, dari Harian SIB dengan judul karya BPJS Kesehatan Kabanjahe Himbau Warga Karo Jadi Peserta Aktif JKN serta karya kelima dari karo.indonesiasatu.co.id dengan judul karya Kepesertaan JKN-KIS, Lebih Efektif Melalui  Program UHC. (Calvin)

    

 


Baca Juga

Berita Terbaru