Tak Henti Mengabdi Pada Rakyat Hingga Di Penghujung Ahir Masa Bakti DPR RI: VaSung Terus Temui Konstituen Dan Beri Bantuan Pada Pelaku UMKM -->

Sponsor

Tak Henti Mengabdi Pada Rakyat Hingga Di Penghujung Ahir Masa Bakti DPR RI: VaSung Terus Temui Konstituen Dan Beri Bantuan Pada Pelaku UMKM

Redaksi88News
Selasa



Minahasa | 88News.id: Tinggal sebulan lagi Anggota DPR RI Komisi X Vanda Sarundajang.S.S akan mengakhiri masa baktinya untuk 3 Periode. Namun VaSung nama populis putri Gubernur Sulut (periode 2005-2015). Alm Dr.Sinyo Harry Sarundajang ini tetap konsisten sesuai tugas pokok dan fungsinya sebagai wakil rakyat Sulut di DPR R di Komisi X. 


Kepada pengrajin dan home industri, Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Leleko Kecamatan  Remboken dan di Desa Totolan Kecamatan Kakas Barat Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara, pada Selasa (03/09/2024).


Wanita energik serta cerdas yang dicintai masyarakat Sulut ini, merasa terpanggil untuk memenuhi tanggung jawabnya serta empati tehadap masyarakat rajin yang bertahun-tahun eksis di usaha kecil. Tentunya dengan bantuan sekecil apapun itu sangat berarti, guna meringankan beban ekonomi keluarga pelaku UMKM. 


Untuk kesekian kalinya, menyusul bantuan-bantuan terdahulu,  seperti Aspirasi Beasiswa Program Indonesia Pinter (PIP) Kartu Indonesia Pinter (KIP) Kuliah dan hingga bea siswa pasca Sarjana atau S2. 


Semua itu adalah program pemerintah yang diaspirasikan oleh VaSung untuk Daerah Pemilihannya di Sulut. Namun kali ini VaSung merogoh kocek pribadinya untuk memberi bantuan langsung kepada pelaku UMKM di Desa Leleko dan Totolan. 


Di Desa Leleko, usaha kue bepang diberikan bantuan kepada Lima kelompok usahan penganan ringan tersebut. Serta pemberian beras dan minyak kelapa. Untuk usaha Biapong atau Bakpao yang berada Di Desa Totolan Kakas Barat, pun VaSung memberikan bantuan.


VaSung yang didampingi Tim VaSung bersama pemerintah setempat, menyampaikan "Selaku anggota  DPR RI 3 periode dan 2 periode terakhir bermitra dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF), Kementrian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek, sudah selayaknya sebagai wakil rakyat di pusat saya turun memberikan edukasi ke masyarakat baik kepada orang tua murid untuk syarat pengusulan bea siswa PIP dan KIP Kuliah yang selama masa kuliah diberikan biaya oleh Negara. 


Hingga mata pencaharian pengusaha kecil tentang pentingnya pengelolaan produk UMKM baik dari kemasan produk hingga perijinan dari instansi berwewenang sehingga layak dipasarkan  ke super market dan mall mall yang ada di Kota Manado. Yang kesemuanya bertujuan meningkatkan kuwalitas agar ekomi keluarga pelaku UMKM semakin mapan dan sejahtera." Ujar VaSung kepada media.


Ditambahkan VaSung, "Mengembangkan usaha kecil perlu perhatian penuh dari pemerintah karena di samping perijinan, juga menyangkut kelayakan permodalan baik Aset modal Peralatan, Keuangan dan Sumber Daya Manusia (SDM)  dalam memanage usaha.  


Berkaca pada saat covid19 hanya  UMKM yang mampu mendokrak perekonomian Indonesia, ini semua karena sistem pemasaran dan penjualan lewat online yang dellivery." tandas VaSung menambahkan.


Sementara itu, Torry Kojongian selaku Ketua Tim VaSung menambahkan selama menjabat sebagai Anggota DPR RI 3 periode VaSung 2 periode berada Komisi X DPR RI Sudah banyak pengusaha UMKM di Sulawesi Utara yang berhasil mengelola usaha kecilnya dan sukses, disamping kunjungan-kunjungan edukasi memberi bantuan  langsung, VaSung juga sering mengundang pengusaha UMKM  untuk ikut Bimbingan Teknis (BimTek) pengelolaan produk dan teknik pemasaran manual, baik lewat media sosial atau bekerjasama dengan Kemenparekraf sehingga produk UMKM bisa masuk ke pasar lokal, Nasional bahkan internasional.


Demikian juga dengan aspirasi masyarakat penerima beasiswa PIP dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK hingga mahasiswa sudah banyak mencapai sarjana." Imbuh Torry dalam pendampingan.


Mewakili Kelompok penerima bantuan Keluarga Supit Turangan, Di desa Leleko Kecamatan Remboken dan Keluarga Sukadi Papuling di Desa Totolan Kakas Barat menyampaikan terimakasih sebesar- besarnya kepada Ibu VaSung yang sudah peduli memberi bantuan langsung berupa bahan baku untuk usaha sehingga mampu mendongkrak permodalan kami dalam usaha Kuliner Kue Bepang dan Biapong Bakpao. (Harry)

Baca Juga

Berita Terbaru