Pon-Pes Darussalam Parmeraan Segera Hadirkan Perguruan Tinggi di Kecamatan Dolok Paluta -->

Sponsor

Pon-Pes Darussalam Parmeraan Segera Hadirkan Perguruan Tinggi di Kecamatan Dolok Paluta

Senin

Foto : IKADLN Paluta sukses menggelar acara Workshop Pendirian Perguruan Tinggi di Aula KH Abdullah Efendi Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan


Paluta |  88News.id  : Ikatan Keluarga Alumni Darussalam Parmeraan Lobu Naginjang (IKADLN) Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sukses menggelar acara Workshop Pendirian Perguruan Tinggi. Kegiatan ini digelar Lantai 3 di Aula KH Abdullah Efendi Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan, Sabtu -Minggu (7-8/09/2024).


Acara yang dikemas dalam bentuk Workshop ini menghadirkan narasumber dari Alumni Pondok Pesantren Darussalam yaitu, Prof. Dr. Mahyudin Ritonga, M.A., Dr. Tamin Ritonga, M.Pd., Mahadolok Ritonga, MM., dan Pardamean Ritonga, S.Pd.


Selain dewan Asatidz, hadir dalam kegiatan ini puluhan Alumni dari berbagai wilayah di Indonesia. Usai kegiatan workshop, para Alumni melanjutkan kegiatan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) sebagai bentuk follow up pendirian sekolah tinggi.


Pengasuh Pesantren, Kyai Ahmad Roisuddin Ritonga, M.Pd menyebutkan bahwa kegiatan workshop tersebut dirancang untuk mengawali pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam.


“Pelaksanaan workshop ini sebagai bentuk awal dari cita-cita kita untuk pendirian sekolah tinggi di Ma’had Darussalam” jelasnya


Lebih lanjut, beliau juga menjelaskan bahwa sampai saat ini semua tahapan sudah banyak yang dituntaskan, termasuk lahan dan berkas-berkas proposal pendirian. Namun pun demikian masih ada sedikit kendala, yaitu terkait SDM.


“secara umum, persiapan pendirian sudah dirampungkan oleh tim kecil dari Alumni kita. Hanya terkendala persiapan SDM saja, itupun tinggal 50 % lagi” ungkap beliau


Dalam kesempatan itu juga Mudir Ma’had, KH Abdullah Efendi Ritonga, BA menyampaikan harapannya kepada Alumni yang berhadir dan para dewan asatidz, bahwa kehadiran perguruan tinggi itu nanti sangat membantu bagi para santri di Padang Lawas Utara untuk melanjutkan studi ke jenjang kuliah.


“saya sangat yakin bahwa kehadiran perguruan tinggi ini nanti sangat membantu masyarakat di Padang Lawas Utara, terutama kalangan santri yang kurang mampu untuk studi ke luar daerah. Jadi kehadiran perguruan tinggi ini menjadi solusi dan opsi bagi mereka untuk melanjutkan jenjang kuliah”pungkasnya



Pihaknya juga berharap kebersamaan antara Yayasan, Pimpinan, Dewan Asatidz dan Alumni pendirian sekolah tinggi dapat berjalan dengan lancar


Sebagai informasi bahwa Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan berdiri pada tahun 1984 yang berada ditengah hutan pedalaman Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara. Pesantren ini didirikan oleh Ulama Kharismatik Padang Lawas Utara, KH. Abdullah Efendi Ritonga, BA.


Saat ini jumlah santri sebanyak 2.350 orang dan telah mempunyai alumni puluh ribu yang tersebar ke berbagai wilayah di Indonesia bahkan sampai ke Luar Negeri. Setiap wilayah dan daerah dibentuk Ikatan Alumni yang disebut sebagai Ikatan Keluarga Alumni Darussalam Lobu Naginjang (IKADLN) Parmeraan.


Di antara tujuan pembentukan Ikatan Alumni ini adalah untuk mendukung perjuangan dan pengembangan Pondok Pesantren serta membantu sesama alumni khususnya dalam bidang akademik atau alumni yang akan melanjutkan jenjang pendidikan. (Umar Seno).



Baca Juga

Berita Terbaru