Ketua PWI Kab.Karo: Taati Koridor Hukum dan Kode Etik Wartawan dalam Tugas Pers -->

Sponsor

Ketua PWI Kab.Karo: Taati Koridor Hukum dan Kode Etik Wartawan dalam Tugas Pers

Senin

Foto : Kabag SDM, Umum & Komunikasi BPJS Kesehatan cabang Kabanjahe dan staf foto bersama Peserta dari kalangan Wartawan. (Dok)


Kabanjahe |   88News.id  : Dalam melaksanakan tugas mulia, seorang Wartawan atau pekerja Pers, haru tetap mematuhi aturan dan peraturan perundang-undang dan menjunjung tinggi supremasi hukum yang berlaku, yang mengatur tugas pokok dan fungsi wartawan termasuk Kode etik Wartawan, sehingga lepaslah pihak sang jurnalis dari jeratan hukum dan benarlah dalam melaksanakan tugas mulia ini.

 

Hal ini disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karo, Dairi & Pakpak Bharat, Justianus Purba sebagai narasumber dengan judul, Validitas Netralitas dan Keseimbangan Pemberitaan media dalam penyelenggaraan Program JKN dalam acara Gathering Media yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Kabanjahe, pada Jumat (20/9), bertempat di Kamari Coffee Place. jalan Mariam Ginting. Kelurahan Gung Negeri. Kabanjahe.


Lanjut Justianus mengingatkan, peraturan dasar yang perlu menjadi perhatian setiap wartawan dalam menunaikan tugas, yakni UU Nomor 40 tahun 1999 Tentang PERS, dan UU Nomor 19 Tahun 2016 Tentang ITE serta Kode etik Wartawan, penting untuk dipegang teguh sang wartawan dalam melaksanakan tugasnya agar tidak ada kesalahan atau kesilafan dalam memberitakan suatu berita untuk konsumsi publik yang mana keberadaan Pers adalah sebagai wadah informasi, pendidikan dan kontrol sosial.


Selanjutnya, sebagai Nara sumber kedua, Plt Kadis Kesehatan Kab.Karo, dr Jasura Pinem, mengucap syukur atas pelaksanaan Gathering ini sebagai wujud atas apresiasi yang telah diberikan terobosan Dinas Kesehatan Karo berupa mewujudkan kenaikan kepesertaan JKN di Kabupaten Karo pada tahun 2024 ini, yang membuahkan hasil prestasi mendapat UHC Awards dari Wakil Presiden RI pada bulan Juni 2024 lalu, di Jakarta, dari hasil penambahan sebanyak 1.500 peserta dari anggaran dana APBD Karo sebanyak 5.000 dan APBD Prov Sumut sebanyak 1.000 orang, yang kesemuanya berkat dukungan semua pihak Stake holder di Kabupaten Karo, termasuk dari Media massa, ujar Jasura.


Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kabanjahe, drg Nora Duita Manurung diwakili Kabag SDM, Umum & Komunikasi, Charles Verry Junaidi Siburian dalam sambutannya mengatakan, puji syukur dan terima kasih atas pelaksanaan Gathering Media ini, sebagai wujud dukungan BPJS Kesehatan kepada tugas mulia yang dilaksanakan sang wartawan, dan hal ini dapat terus berjalan baik dan lancar dalam tugas membangun bangsa yang utuh dan murni sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Begitu juga kami mengharapkan dukungan pigak Media massa terus menggaungkan dalam pelaksanaan JKN di daerah Kabupaten Karo, agar peserta memahami manfaat pelayanan JKN ini dan tidak lupa membayar iuran bulanan bagi peserta mandiri demi keberlangsungan JKN ini dengan baik dan bermanfaat 


Pantauan Awak media ini, acara berjalan lancar, sukses dan penuh silaturahmi kekeluargaan, yangana acara diisi dengan diskusi dan kuis menambah semangat dan ceria peserta sekaligus makan siang bersama. (Calvin).

   


Baca Juga

Berita Terbaru