Kaban Kesbangpol Karo Hadiri Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Masyarakat oleh Roy Fachraby Ginting di Berastagi -->

Sponsor

Kaban Kesbangpol Karo Hadiri Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Masyarakat oleh Roy Fachraby Ginting di Berastagi

Senin

Foto : Salah satu bagian peserta yg ang diundang dari perkumpulan Kaum Ibu (Moria Gereja) GBKP Berastagi kota  (Dok)


Berastagi  | 88News.id  : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  Sumatera Utara menggelar sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Masyarakat, Jumat (13/09/2024) dari pagi sampai dengan selesai di Hotel Sibayak Berastagi Kabupaten Karo Sumatera Utara.


Dalam kesempatan ini hadir sebagai narasumber Roy Fachraby Ginting,SH M.Kn dengan peserta didominan oleh kaum perempuan, karena sosialisasi ini bertujuan untuk menggali Partisipasi Perempuan dalam Politik bagi Masyarakat.


Sosialisasi ini dihadiri oleh kaum perempuan dari berbagai wadah/perkumpulan,dari Gereja dan juga Perkumpulan Kaum Perempuan dari umat Muslim, salah satunya sosialisasi ini dihadiri para undangan dari Moria (Kaum Ibu) GBKP Runggun Berastagi Kota.


Kehadiran Moria GBKP Berastagi Kota ini diharapkan bisa menjadi penyambung lidah atau corong ke kaum ibu lainnya untuk bisa lebih berperan aktif dan berpartisipasi dalam menyukseskan politik.


 Pada kesempatan ini Roy Fachraby Ginting SH M.Kn memberikan pemaparan pentingnya  peran dan partisipasi perempuan dalam menyukseskan pemilihan serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, juga pemilihan serentak Bupati Karo dan Wakil Bupati Karo,Rabu (27/11/2024) yang tidak lama lagi.


Roy Fachraby Ginting juga memberikan pemahaman untuk  wawasan ,juga membujuk untuk kesadaran kita,dimana pentingnya partisipasi perempuan.


Kaum perempuan juga diharapkan dapat berperan dalam menciptakan kondusif pada pemilihan serentak 2024.

 

Ketua Moria GBKP Berastagi Kota ,Rebeka Br Tarigan (Nd Ruth) menyambut positif sosialisasi ini, selain menambah wawasan juga mendorong kita lebih percaya diri dan sudah seharusnya mengambil bahagian atau partisipasi dalam politik, walau kita mengetahui sekarang ini Bupati Karo dan Ketua DPRD Kabupaten Karo itu perempuan, ini hal yang luar biasa tapi kita masih minim dalam keterlibatan dan masih merasa sedikit rancu kalau kita terjun kedalam politik." Ujarnya.


Sementara salah satu pengurus Moria Betlehem GBKP Berastagi Kota, Doris Mela Br Panggabean (Nd Dandi) juga mengungkapkan hal yang sama, saat ini kebanyakan kaum perempuan enggan ikut dalam partisipasi, juga minim dalam pengetahuan, kami lebih sibuk mengurus pekerjaan dapur dan juga anak-anak, kami juga mungkin masih banyak perperasangka kalau politik itu urusannya kaum Laki-laki." Pungkasnya.


 Sosialisasi ini membuka pemikiran kita bahwa pendidikan politik sangat penting bagi perempuan dimana meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kita sebagai peserta tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara.


Doris Mela menambahkan kalau ini meningkatkan pemahaman peran perempuan dalam politik, juga meningkatkan pemahaman dan keterampilan tentang kepemimpinan, meningkatkan kesadaran kritis peserta terhadap pembangunan berkelanjutan yang berkeadilan gender." Tutupnya.


Hadir dalam sosialisasi ini Pejabat dari Kesbangpol Sumut, Kepala Kesbangpol Kabupaten Karo,Tetap Ginting, narasumber Roy Fachraby Ginting, peserta dari berbagai kalangan gereja, kaum muslim, instansi dan lainnya walau tetap hanya sangat minim yang dapat ditampung jadi peserta dalam sosialisasi ini. (Calvin)



    

Baca Juga

Berita Terbaru