Antusias Masyarakat Antarkan Barongsai Masuk PON XXI Aceh-Sumut 2024 -->

Sponsor

Antusias Masyarakat Antarkan Barongsai Masuk PON XXI Aceh-Sumut 2024

Cornelius Hondo
Sabtu

Antusias Masyarakat Antarkan Barongsai Masuk PON XXI Aceh-Sumut 2024




Deli serdang | 88News.id: Olahraga barongsai baru pertama kali masuk sebagai cabang olahraga (cabor) resmi pada Pekan Olah Nasional (PON) karena banyaknya antusias masyarakat dalam olahraga tersebut.


Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Marciano Norman usai memberikan medali emas kepada atlet barongsai Sumatera Utara (Sumut) di Gedung Martial Art, Kawasan Sport Center Sumut, Deli Serdang, Rabu (4/9/2024).


Sebelumnya, barongsai hanya dipertandingan dalam eksibisi pada PON. "Iya, ini untuk pertama kalinya," ujar Marciano.


Pada PON XXI Aceh-Sumut, ada 15 provinsi yang bertanding dalam cabor barongsai. Menurut Norman, perkembangan cabor barongsai selama ini menunjukkan perkembangan yang sangat baik. 


"Kita apresiasi yang tinggi. Mereka sangat antusias, dan olahraga barongsai ini sangat baik," sambung Marciano. 


Dikatakan Norman, semula masyarakat mengajukan agar barongsai menjadi salah satu cabang olahraga. Hal tersebut pun disambut KONI dan ditindaklanjuti.


"Mendengar itu, kita adakan rapat dan disetujui oleh semuanya. Bisa kita lihat bagaimana mereka memanjat-manjat besi itu. Bukan mudah itu, jadi sangat cocok dijadikan olahraga," jelas Marciano pada wartawan.


KONI, kata Marciano selalu mendorong pengurus pusat hingga cabang untuk terus mengembangkan cabang olahraga masing-masing. Hal tersebut menurutnya ditujukan untuk memajukan cabang olahraga setiap tahun. 


“Saya selalu mendorong pengurus pusat atau pengurus besar cabang olahraga untuk berkembang, sehingga per tahun ada kemajuan,” ujar purnawirawan jenderal bintang tiga TNI tersebut.



Pada pertandingan perdana barongsai untuk nomor naga kecepatan, Sumut berhasil meraih medali emas. Diketahui Tim Sumut menempati peringkat pertama dengan hasil 43 detik, Jawa Tengah di peringkat kedua dengan hasil 44 detik, dan Riau di posisi ketiga dengan hasil 47 detik. Dengan raihan tersebut, tim barongsai berhasil menyumbangkan emas keempat bagi Sumut.


Barongsai akan mempertandingkan 10 nomor antara lain naga taolu bebas, naga kecepatan, naga halang rintang, barongsai taolu bebas, barongsai taolu tradisional, barongsai kecepatan, barongsai halang rintang barongsai ketangkasan, pekingsai taolu bebas, pekingsai kecepatan. 



Penulis: Charles Hutasoit/88News

Baca Juga

Berita Terbaru