Sekda Minahasa : 'Tabiat Hidup Bersih Itu Dimulai Dari Dalam dan Lingkungan Rumah Sendiri' -->

Sponsor

Sekda Minahasa : 'Tabiat Hidup Bersih Itu Dimulai Dari Dalam dan Lingkungan Rumah Sendiri'

Redaksi88News
Kamis



Minahasa | 88News.id: Giat Penyuluhan dan Kampanye Lingkungan Hidup yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minahasa pada hari ini, Kamis (22/08/2024), dihadiri oleh ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Djeneke Kumendong Onibala.SH dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Dr.Lynda Watania.MM.MSi, serta Kepala DLH Minahasa Drs.Vecky Kaloh.MSi, Camat Tompaso Barat Stefry Pandey.ST.SIP para Hukum Tua (Kades) se Kecamatan Tompaso Barat.  


Penyuluhan dan Kampanye Lingkungan Hidup ini bertempat di gedung serba guna Desa Pinabetengan Kecamatan Tompaso Barat. Selain para pejabat tingkat Kabupaten dan Kecamatan, juga terlihat tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan setempat. 


Dalam penyuluhan yang dibawakan oleh Sekda Lynda Watania, menekankan tentang pengolahan serta penanganan sampah. 


"Hampir semua wilayah di tanah air, tak terluput dari problem penanganan mengatasi kris persampahan yang tentunya menentukan bersih tidaknya suatu wilayah kota atau kecamatan, Desa serta Kelurahan. Tingkat kesadaran lingkungan setiap warga masyarakat harus selalu diberikan motivasi oleh instansi pemerintah atau informal yang peduli adanya masalah sampah. Kita tidak mampu mendeteksi ada perilaku orang-orang yang secara sembunyi-sembunyi membuang sampah yang berasal dari rumah, di tempat-tempat yang bukan tempat pembuangan sampah", ucapnya.


Kedepan, mungkin akan ada sangsi denda atau kurungan badan bagi pelaku membuang sampah di sembarangan tempat. 


Namun saat ini pemerintah Kabupaten Minahasa lebih meningkatkan volume kampanye Lingkungan Hidup yang idealnya pola hidup bersih itu dimulai dari dalam rumah serta lingkungan tempat tinggal sendiri. Selanjutnya memilah untuk memisahkan sampah kering dan sampah basah, Organik atau Unorganik, ujar Sekda wanita pertama di kabupaten Minahasa Induk ini. 


Setelah sesi tanya jawab singkat, Penyuluhan dan Kampanye Lingkungan Hidup ini diakhiri dengan ucapan terima kasih dari Kadis DLH dan Camat Tompaso Barat serta dokumentasi foto bersama peserta penyuluhan.


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru