Kajari Paluta Pimpin Rakor PAKEM Tahun 2024 -->

Sponsor

Kajari Paluta Pimpin Rakor PAKEM Tahun 2024

Redaksi88News
Rabu

Foto: Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) Tahun 2024 di Aula Kantor Kejaksaan setempat.


Paluta | 88News.id: Untuk memperkuat pengawasan terhadap aliran kepercayaan dan aliran keagamaan di Kabupaten Padang Lawas Utara, Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) Tahun 2024 di Aula Kantor Kejaksaan setempat, Selasa (13/8/2024).


Rapat koordinasi yang mengangkat tema “Pencegahan Dini Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan yang Menyimpang Menjelang Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Padang Lawas Utara


Kepala Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara (Ketua Bakor PAKEM), Kasi Intelijen Kejari Padang Lawas Utara (Wakil Ketua Bakor PAKEM), serta Tim Bakor PAKEM Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara.


Turut Hadir Pj Sekretaris Daerah Padang Lawas Utara yang diwakili oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, berbagai instansi terkait, termasuk perwakilan dari Kementerian Agama, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), pimpinan organisasi keagamaan di Kabupaten Padang Lawas Utara, dan para penganut aliran kepercayaan masyarakat di Kabupaten Padang Lawas Utara.


Kajari Paluta, Dr. Hartam Ediyanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara untuk menghindari adanya aliran kepercayaan masyarakat yang menyimpang dan sesat di Kabupaten Padang Lawas Utara. 


Kajari juga memberikan materi tentang Pencegahan Dini Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan yang Menyimpang Menjelang Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Padang Lawas Utara.


Lebih lanjut, rapat koordinasi PAKEM Tahun 2024 ini merupakan langkah Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara untuk memperkenalkan aliran kepercayaan yang ada di Kabupaten Padang Lawas Utara sekaligus mencegah terjadinya konflik antar umat beragama yang dapat merusak.


Rapat koordinasi ini diisi dengan berbagai paparan dan diskusi mengenai situasi dan kondisi terkini aliran kepercayaan, serta pengenalan dari pengikut Aliran Kepercayaan Sapta Darma yang berada di Desa Batang Pane I, Kecamatan Halongonan Timur, Kabupaten Padang Lawas Utara.


Juga dibahas perkembangan aliran kepercayaan Sapta Darma di Kabupaten Padang Lawas Utara serta langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan untuk memperkuat pengawasan. (Umar)

Baca Juga

Berita Terbaru