Desa Ajijahe Tiga Panah Siap Mantapkan UHC Kabupaten Karo -->

Sponsor

Desa Ajijahe Tiga Panah Siap Mantapkan UHC Kabupaten Karo

Kamis
Foto : Kacab BPJS Kesehatan Kabanjahe foto bersama Agen Pesiar dan Perangkat desa


Kabanjahe  | 88News.id : BPJS Kesehatan cabang Kabanjahe, terus memantapkan strategi demi terwujudnya Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Karo. Upaya percepatan capaian UHC ini dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan Goes to Pesiar yang dilaksanakan di Desa Ajijahe, Kecamatan Tiga panah, dengan melibatkan pemangku kepentingan, Agen PESIAR, serta masyarakat desa.


Desa Ajijahe merupakan salah satu dari lima desa yang mendapat amanah menjadi pilot project pelaksanaan Program Pesiar di Kabupaten Karo.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe, Nora Duita Manurung dalam Siaran Persnya, kepada Awak Media, Selasa (30/7)  mengatakan BPJS Kesehatan bersama pemerintah daerah ingin lebih dekat lagi dengan lima agen PESIAR yang telah ditunjuk dengan berdialog secara langsung terkait dengan kendala, masukan, dan pandangan masyarakat terkait dengan Program Pesiar yang telah dijalankan selama ini.


“Tentu sekecil apapun hal yang disampaikan dalam diskusi ini merupakan masukan yang sangat bermanfaat bagi kami, apakah program ini akan terus berlanjut karena merupakan salah satu upaya agar Kabupaten Karo dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam UHC yakni 98 persen. 


Jadi kami butuh peran dari agen PESIAR untuk melakukan pemetaan, penyisiran, advokasi, dan registrasi sehingga selain sudah terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) masyarakat juga harus dipastikan status kepesertaannya aktif,” ujar Nora pada Kamis (25/07).


Menurut Nora, kegiatan Goes To Pesiar tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan penyuluhan atau pemberian informasi langsung oleh BPJS Kesehatan kepada masyarakat Desa Ajijahe terkait Program JKN. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan kesadaran masyarakat terhadap proteksi perlindungan kesehatan semakin meningkat.


Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, Jasura Pinem mengatakan kunci sukses berhasilnya tugas dari Agen PESIAR adalah pada proses pendataan masyarakat.


“Di sini dituntut ketelitian dan kebijaksanaan dari Agen PESIAR untuk benar-benar memetakan data masyarakat yang mana yang benar-benar layak menjadi peserta JKN pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), pekerja mandiri maupun segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), karena selain bidan desa, Agen PESIAR inilah yang sangat memahami dan tahu tentang kondisi perekonomian masyarakat desanya karena sehari-harinya pasti berhubungan dengan masyarakat,” kata Jasura.


Jasura juga menambahkan agar agen PESIAR secara aktif bersosialisasi bahwa seluruh biaya pelayanan kesehatan jika telah menjadi peserta JKN akan ditanggung penuh sampai sembuh tanpa iur biaya sedikit pun. Selain itu kualitas layanan yang diberikan sudah semakin baik dari waktu ke waktu karena BPJS Kesehatan terus melakukan berbagai upaya peningkatan mutu layanan.


“Jadi mari kita saling bekerja sama mulai dari Agen PESIAR, perangkat desa, dan seluruh pemangku kepentingan terkait agar Program PESIAR ini dapat terlaksana dengan maksimal dan seluruh masyarakat Kabupaten Karo dapat terjamin kesehatannya melalui program mulia ini,” pungkas Jasura.


Kepala Bidang Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karo, Andy Sofian Sinuhaji juga mengatakan yang paling penting dipahami oleh agen PESIAR adalah pendekatan kepada masyarakat bahwa menjadi peserta JKN tujuannya adalah untuk menjamin kesehatan masyarakat itu sendiri. Selanjutnya jika masyarakat tidak terdaftar dalam JKN jika mengalami sakit kepesertaannya tidak bisa saat itu juga langsung aktif melainkan aktifnya minimal 14 hari khususnya yang mendaftar dalam segmen peserta mandiri.


“Kami juga siap mendukung Program PESIAR ini melalui pemanfaatan dana desa dalam melaksanakan promosi kesehatan sehingga kami mohon bantuan juga dari BPJS Kesehatan secara aktif juga membantu perangkat desa untuk menjadi narasumber dalam penyampaian edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya Program JKN ini,” ujar Andy.


Sementara itu, Kepala Desa Ajijahe, Robin Pelawi menyambut baik kegiatan Goes To Pesiar yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan di desanya. Ia berharap dengan adanya keberadaan agen PESIAR, masyarakat Desa Ajijahe seluruhnya dapat terlindungi kesehatannya oleh Program JKN.


“JKN ini merupakan penolong bagi seluruh masyarakat jika membutuhkan pengobatan dan manfaatnya pasti bisa mereka rasakan sendiri. Saat ini masyarakat Ajijahe juga sedang berkumpul dan diberikan sosialisasi tentang JKN di Jambur Desa oleh BPJS Kesehatan sehingga ini adalah momen yang tepat untuk memperkenalkan agen PESIAR khususnya yang ditunjuk di Desa Ajijahe kepada seluruh masyarakat,” kata Robin. (Calvin/88N)



Baca Juga

Berita Terbaru