Bersama Kemenparekraf RI, Anggoota DPR RI Komisi X Vanda Sarundajang.S.S, Gelar Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Melalui Medsos -->

Sponsor

Bersama Kemenparekraf RI, Anggoota DPR RI Komisi X Vanda Sarundajang.S.S, Gelar Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Melalui Medsos

Redaksi88News
Selasa


Minahasa | 88News.id: Strategi memperluas pemasaran pariwisata di tanah air, menyasar pada Media-media Sosial (medsos) seperti Facebook, Instgram, Tik-tok dan medaos lainnya. Itulah bimbingan teknis (Bimtek) Kemenparekraf RI bersama anggota DPR RI Komisi X, menghadirkan peserta bimtek yang bergerak di bidang usaha pariwisata yang juga sehari-harinya berselancar di dunia maya (dumay) melalui Hand Phone (HP) Smart Phone ataupun computeraise. 


Bimtek yang dilaksanakan di salah satu auditorium Hotel Resort & Confension Tateli Kabupaten Minahasa Provinsi Sulut ini dibuka oleh Vanda Sarundajang, Selasa (13/08/2024), selaku Anggota DPR RI Komisi X  yang selama Tiga Periode akrab dikenal masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) "VaSung." Dalam sambutannya, VaSung menyebutkan adanya pergeseran trend yang membumi di tengah peradaban masyarakat sekarang ini. 


Menjamurnya konten-konten krator yang kebanyakan menampilkan foto keindahan alam sekitar, merukan daya tarik kepada para pelancong di luar daerah ataupun yang ada di berbagai belahan dunia. 


"Globalisasi sosial media, secara tidak langsung menampilkan keragaman indahnya alam bersama kuliner ciri khas daerah di tempat-tempat wisata ataupu di lokasi-lokasi alam terbukan yang berpotensi menjadi sarana atau objek pariwisata," ujar Vasung di hadapan peserta bimtek. 


Vasung berharap, antara masyarakat stake houlders pariwisata, pemerintah Kabupaten Minahasa dapat secara jeli mencermati potensi pengembangan promosi dunia pariwisata yang outkamnya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat ekonomi lemah di daerah. 


Nara sumber Dari Direktorat Pemasaran Pariwisata Nùsantara Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bilkis Adityama dan Taufik Arif. Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Thelma Lapian.SE. 


Pada kesempatan ini, Kadis Thelma yang mewakili Pj Bupati Minahasa Dr.Jemmy Kumendong.MSi dan Sekretaris Daerah Lynda Watania.MM.MSi, menyampaikan laporan tentang promosi pariwisata Kabupaten Minahasa yang baru-baru ini ditampilkan di Negara Korea dan mendapatkan penghargaan terbaik dari Negara tersebut. Juga fotografer dan vidio grafer ternama Benny Kusuma, ikut memberikan materi seputar kiat-kiat dan teknis pengambilan gambar ataupun Video pada Smart Phone. 


Benny menjelaskan bahwa kualitas foto yang menggunakan HP, semuanya bertumpu pada "pencahayaan" agar karya foto yang dihasilkan, menjadi menarik walaupun tanpa mengedit. Dia juga mendemonstrasikan cara menggunakan lighting dengan menggunakan lampu sederhana yang dicantolkan pada sebuah Power bank atau charger.


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru