PMI Paluta Bersama Permata Peduli Deklarasi Waspada HIV AIDS dan Bagi Brosur -->

Sponsor

PMI Paluta Bersama Permata Peduli Deklarasi Waspada HIV AIDS dan Bagi Brosur

Redaksi88News
Selasa


Paluta | 88News.id: Relawan Palang Merah Indonesia Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bersama pengurus Persatuan Mahasiswa Padang Lawas Utara Lhokseumawe - Aceh Utara atau Permata menggelar deklarasi waspada HIV/AIDS, di Jalan Sisingamangaraja Lingkungan I Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara, Selasa (23/7/2024).


Deklarasi mengambil tempat di depan Masjid Raya Gunungtua sekaligus membagikan brosur tentang bahaya penyakit HIV/AIDS, bagi para warga dan pengendara serta penandatangan spanduk putih sebagai bentuk dukungan terhadap aksi tersebut 


Brosur yang dibagikan tersebut berisi seputar tentang bahaya penyakit  HIV/AIDS agar masyarakat memahami dan waspada terhadap penularan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh tersebut.


Ketua PMI Paluta Tohong Pangondian Harahap didampingi Ketua Permata Roy Rangga Padeho Harahap menyebutkan aksi yang dilakukan tersebut, sebagai bentuk keprihatinan semakin tingginya jumlah orang dengan HIV/ AIDS (ODHA) di Kabupaten Padang Lawas Utara.


 “ Kita sangat prihatin. Sesuai data dari dinas kesehatan kabupaten Paluta, selama tahun 2024 ini, tiga penderita HIV/AIDS di Paluta dilaporkan meninggal Dunia. Kalau bukan kita siapa lagi yang Peduli,“ jelasnya.


Tohong menambahkan, yang paling memprihatinkan jumlah pengidap HIV/ AIDS setiap tahun bertambah sesuai data dari dinas terkait. 


“ Hal tersebut yang mendasari aksi ini PMI dan mahasiswa  di Paluta . Dan ini akan berkelanjutan dan tidak hanya henti disini saja,“ ungkapnya 


Selain membagikan brosur edukasi tentang HIV AIDS para pengendara dan warga juga secara sukarela dan spontan ikut menandatangani spanduk putih sebagai bentuk dukungan terhadap aksi tersebut .


“ Jangan mengucilkan mereka yang sudah positif terkena HIV. Kami mengimbau seluruh masyarakat agar tidak menjauhi penderitanya atau orangnya,” jelas warga usai penandatanganan.


Penulis: Umar

Baca Juga

Berita Terbaru