Hebat, Vanda Sarundajang Pimpin Delegasi Anggota Parlemen Perempuan Indonesia Pada Forum G20 Rio Je Nairo Brasil -->

Sponsor

Hebat, Vanda Sarundajang Pimpin Delegasi Anggota Parlemen Perempuan Indonesia Pada Forum G20 Rio Je Nairo Brasil

Redaksi88News
Kamis

Minahasa | 88News.id: Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Vanda Sarundajang dipercayakan Ketua DPR RI memimpin Delegasi Indonesia pada Pertemuan Pertama Anggota Parlemen Perempuan P20 dalam forum parlemen G20.


Pertemuan tersebut diadakan pada tanggal (02/07/2024) bertempat di Pusat Kebudayaan dan Pameran Ruth Cardoso di Maceió,Brasil yang merupakan salah satu kota tuan rumah G20, dengan tema "Membangun Dunia yang Adil dan Planet yang Berkelanjutan." 


Melalui pesan singkat Vanda Sarundajang atau yang akrab disapa VaSung menyampaikan para peserta yang hadir adalah anggota DPR/parlemen perempuan dari negara-negara G20 serta negara yang terundang untuk membahas topik-topik prioritas pertemuan puncak ini yaitu  Perubahan Iklim, Pembangunan Berkelanjutan, Inklusi Sosial,Perjuangan Melawan Kelaparan, Kemiskinan, dan Reformasi Lembaga-lembaga global.


Pada pertemuan ini menjadi kesempatan bagi delegasi Indonesia  meningkatkan partisipasi anggota parlemen dalam diskusi-diskusi internasional yang menjadi perhatian utama global.


Lebih dari 200 pejabat nasional dan internasional telah diundang ke pertemuan anggota parlemen perempuan. Selain anggota parlemen dari negara-negara G20 dan negara-negara yang diundang ke KTT Pemimpin, daftar tersebut mencakup semua deputi dan senator federal dari Brasil, anggota parlemen dari Mercosur, negara-negara berbahasa Portugis, serta presiden parlemen internasional dan organisasi internasional seperti Inter-Parliamentary Union dan PBB.


Selain topik prioritas juga membahas Program mengenai peran perempuan dalam keadilan iklim dan keberlanjutan lingkungan, inisiatif untuk meningkatkan partisipasi politik perempuan dan memperkuat demokrasi, serta promosi kesetaraan gender, pemberdayaan ekonomi perempuan, dan penanggulangan rasisme. Selain sesi kerja bersama, para anggota parlemen akan berkesempatan untuk mengadakan pertemuan bilateral guna bertukar pengalaman dan informasi mengenai topik yang menjadi kepentingan bersama.


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru