Anggota DPR RI Komisi X Gandeng Kemenparekraf Adakan Bimtek Di Minahasa -->

Sponsor

Anggota DPR RI Komisi X Gandeng Kemenparekraf Adakan Bimtek Di Minahasa

Redaksi88News
Jumat



Minahasa | 88News.id: Forum Penguatan Jejaring Pengelolaan Desa Wisata Di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, berlangsung di Pa’Dior Pusat Kebudayaan Sulawesi Utara yang terletak di Kecamatan Tompaso Barat, Kamis (13/6/2024).


Direktur Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.


Bambang Cahyo Murdoko, sebagai nara sumber dalam sambutan mengatakan, Kerjasama Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang, tentunya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan kepada para pengelola desa wisata, pengelola destinasi para wisata pokkades, Bundes, dan juga pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Minahasa.


“Mari kita bersama memajukan Desa wisata di Kabupaten Minahasa saling berbagi pengetahuan Desa satu ke Desa yang lain dengan wisata yang telah dibuatnya, tentunya ada kolaborasi dari Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat dalam meningkatkan Desa wisata berbasis berkelanjutan, kata Murdoko.


Untuk mencapai target ada destinasi yang terus dikembangkan baik sisi atraksinya atau daya tariknya maupun asesbilitasnya, amenitasnya harus kita kembangkan. Harapan kami untuk memberikan regeneratif pariwisata ke anak cucu untuk menikmati alam yang luar biasa, terannya.


Kemudian Anggota Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang menjelaskan, Bimtek program kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan mitra kerjanya yaitu Komisi X saya ditetapkan bermitra kerja dalam ekonomi kreatif juga Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Perpustakaan.


Vanda Sarundajang sering disapa akrab VaSung mengatakan, selepas covid kita terdampak tiga tahun pasrah pandemi, namun destinasi wisata kembali dibuka dan berkembang bangkit, karena industri pariwisata menjadi program prioritas Nasional.


“Program ini diangkat di Kabupaten, Kota Provinsi, Sulawesi Utara sebagai program prioritas. Bagaimana industri wisata harus dikembangkan ada 3 komponen yang sangat penting pertama aksesibilitas, amenitas, dan atraksi. Untuk itu mari kita sebagai pelaku usaha, kita berkreatif dalam mengembangkan desa wisata agar supaya dapat diminati dan tidak bosan dikunjungi oleh pengunjung melihat pesona alam” tutup Vasung.


Kemudian dilanjutkan dengan pemberian cendera mata oleh Plh. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Telma Lapian.SE Vanda Sarundajang dan Bambang Cahyo Murdoko. Pemerintah setempat Camat Tompaso Barat Stefry Pandey.ST.MAP dan Hukum Tua (kades) Pinabetengan Utara serta Kades Pinabetengan Selatan Wanly Lempoy. Amd.Ak, hadir dalam bimtek yang difasilitasi Anggota DPR RI Komisi X Vanda Sarundajang.SS.


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru