Akibat Hujan Deras Sehari Penuh, Tanah Longsor dan Banjir Bandang Melanda Beberapa Desa Di Langowan Selatan -->

Sponsor

Akibat Hujan Deras Sehari Penuh, Tanah Longsor dan Banjir Bandang Melanda Beberapa Desa Di Langowan Selatan

Redaksi88News
Rabu



Minahasa | 88News.id: Cuaca  ekstrime yang melanda Sebagian besar Kabupaten dan Kota di Sulawesi Utara. Seperti yang terjadi di beberapa Desa yang berada di Kecamatan Langowan Selatan Kabupaten Minahasa pada Hari ini, Rabu (26/06/2024). 


Hujan deras selama 10 jam lebih mengakibatkan bencana banjir bandang yang menimpa Desa Rumbia yang berada di wilayah pinggiran pantai wilayah timur Kabupaten Minahasa itu. 


Volume aliran air yang meluap dari sungai Rumbia setinggi paha orang dewasa membuat warga Desa Rumbia panik dan mengungsi di dataran yang lebih tinggi. 


Belum ada informasi mengenai adanya korban jiwa ataupun jumlah kerugian materi akibat banjir bandang di Desa Rumbia tersebut. Di Desa Atep yang berjarak 8 Km dari Desa rumbia yang memiliki kontur tanah berbukit, mengalami bencana Tanah Longsor. Hingga lahan pekuburan yang ada di Desa tersebut terhanyut dibawah tanah longsor. 


Warga setempat, Haryati Repi yang memotret adanya makam yang longsor hingga peti jenasah bermunculan di atas permukaan tanah dekat jalan raya Desa Atep. Tanah longsor juga menimpa rumah-rumah warga masyarakat di Desa Atep. 


Puluhan rumah mengalami rusak berat yang  bagian belakang (dapur) terbawa tanah longsor. Hukum Tua (Kades) Atep Elvis Malingkonor SE, ketika dikonfirmasi mengenai kejadian bencana tanah longsor ini, via Handphone selulernya mengatakan saat ini masih sedang bekerja bersama masyarakat menggusur tanah longsor yang menutupi ruas jalan raya di Desanya.


Sampai saat ini berita diturunkan, curah hujan di Wilayah Kecamatan Langowan Selatan Kabupaten Minahasa, diinfokan masih cukup deras.


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru