Kenalpot Bising Dirasa Ganggu Ketentraman Warga Masyarakat -->

Sponsor

Kenalpot Bising Dirasa Ganggu Ketentraman Warga Masyarakat

Redaksi88News
Senin
Kenalpot Bising Dirasa Ganggu Ketentraman Warga Masyarakat


Minahasa | 88News.id: Beberapa Hukum Tua (Kades) di Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara, menyampaikan adanya gangguan ketentraman yang disebabkan kenalpot bising sepeda motor ataupun mobil. 


Dari 10 Kades yang mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Kecamatan Tompaso pada Senin, (20/05/2024) yang bertempat di balai serba guna Desa Tempok. Ada 5  orang Kades yang menyampaikan mengenai Kenalpot bising tersebut. 


Dalam penyampaian Kades setempat, Henny Pantow mengatakan bahwa terutama pada malam hari di saat situasi Desa sedang sepi, kini sering ada sepeda motor yang menggunakan kenalpot bising berlalu-lalang di Desa Tempok tersebut. 


Dikatakan Kades Henny, Masyarakat Desa yang sebagian besar adalah Petani yang pada jam sembilan malam sudah beristirahat merasa tidak nyaman dengan bunyi kenalpot bising tersebut. Pihak pemerintah Desa Tempok sudah mengecek warga masyarakatnya (Desa Tempok) yang memiliki sepeda motor, namun tidak didapati ada yang menggunakan kenalpot bising.  


Kades Henny Pantow mengatakan bahwa itu bukan ulah warga masyarakatnya, tetapi pengendara dari luar Desa Tempok. Selain Kades Tempok, penyampaian serupa juga dikatakan oleh Kades Tempok Selatan Maxi Langi, Kades Sendangan Deske Kaawoan serta beberapa Kades lainnya. 


Camat Tompaso Stenly Umboh SSTP.MAP bersama Kapolsek Tompaso IPTU Forpet Tinuntung serta Babinsa dari Koramil Kawangkoan Tompaso, selaku unsur pimpinan Kecamatan mendengarkan penyampaian para Kades Kecamatan Tompaso tentang kanalpot bising yang dikeluhkan itu, langsung diberi atensi oleh Kapolsek Tompaso. 


"Tentunya ini informasi pada pihak kami (Polsek, Red) dan kami akan menindaklanjutinya dengan berpatroli pada malam hari. Jika kami mendapati adanya sepeda motor yang menggunakan kenalpot bising, kami segera tertibkan di tempat" ujar Kapolsek Forpet Tinuntung dalam RakorCam Tompaso itu. 


Rakorcam Tompaso yang menurut Camat Stenly Umboh, rutin dilaksanakan dalam dua bulan sekali. "Ini tidak terbatas pada Kades-Kades dan perangkatnya, namun juga  dengan tokoh Agama bersama tokoh masyarakat serta instansi Pendidikan dan Pertanian yang, itu kami mengundang untuk datang dalam Rakor". 


"Selaku pimpinan kecamatan, saya berharap kedepan agar kehadiran unsur-unsur potensi masyarakat bisa sama-sama hadir dalam Rakor. Agar semua prioritas program pemerintah dapat diketahui langsung dan dapat dibahas dalam forum Rakor Kecamatan," pungkas Umboh. 


Sebelum Camat menutup Rakor, Camat bersama Kapolsek serta yang mewakili Daramil, menyerahkan Piagam penghargaan kepada Kades Tolok Satu, Kades Sendangan dan Kades Kamanga Satu atas kemenangan juara Satu, dua dan tiga dalam evaluasi/ Perlombaan Desa tingkat Kecamatan Tompaso pada pekan lalu.


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru