Kadis PMD Kabupaten Minahasa Pimpin Langsung Tim Penilaian Perlombaan Desa -->

Sponsor

Kadis PMD Kabupaten Minahasa Pimpin Langsung Tim Penilaian Perlombaan Desa

Redaksi88News
Selasa


Minahasa | 88News.id: Menjelang penilaan ahir evaluasi perlombaan Desa-Desa di Kabupaten Minahasa, tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara terus berpacu melakukan penilaian di Desa-Desa yang menjadi pemenang / utusan tingkat Kecamatan untuk selanjutnya diseleksi dan ditetapkan sebagai juara satu, dua dan tiga dalam Evaluasi Perlombaan Desa Kabupaten Minahasa tahun 2024 ini. Kepala Dinas (Kadis) PMD Kabupaten Minahasa Drs Arthur Palilingan yang juga sebagai ketua tim pelombaan Desa Minahasa tahun 2024 ini, melibatkan unsur PKK Kabupaten Minahasa, Akademisi Universitas Samratulangi (UNSRAT) Manado, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan serta Struktur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas PMD Kabupaten Minahasa, yakni Kepala bidang (Kabid) dan Kepala Seksi di dinas tersebut. 


Hari ini, Selasa (21-05-2024) tim penilai perlombaan Desa Kabupaten Minahasa melakukan peninjauan serta penilaian langsung di Desa Kiawa Dua Timur Kecamatan Kawangkoan Utara Kabupaten Minahasa di gedung balai serba guna Desa tersebut. 


Dari hasil amatan, Desa Kiawa Dua Timur ini telah mempersiapkan segala sesuatu yang menjadi bahan penilaian tim penilai dari tingkat Kabupaten Minahasa. 


Forum koordinasi pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Kawangkoan Utara (Camat, Kapolsek serta Danramil), hadir dan juga dari personil Aparatur Sipin Negara (ASN) kantor Kecamatan Kawangkoan Utara bersama Empat orang Lurah yang ada di kecamatan tersebut, serta Enam Hukum Tua (Kades) yang didampingi ketua-ketua PKK Kelurahan / Desa. 


Tidak terbatas pada kehadiran struktur pemerintahan, namun juga hadir para kepala SD dan SMP yang ada di Kecamatan Kawangkoan Utara. Dalam sambutan Kadis PMD Kabupaten Minahasa, memberi apresiasi pada Hukum Tua Desa Kiawa Dua Timur Olie Karinda SH, atas kesiapan serta bukti nyata prestasi memajukan Desa. 


"Beragam bentuk Profil Desa yang ada di Kabupaten Minahasa, Desa ini patut dicontohi dari banyak sisi kemajuan progres pembangunan fisik sarana dan prasarana serta sinergiritas masyarakat dalam nilai-nilai partisipatif yang significant, sehingga Desa ini bisa lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya," ujar Kadis PMD Minahasa. 


Camat Kawangkoan Utara Fabian.SPt.MAP, berterima kasih atas sambutan Arthur Palilingan yang sebagi ketua tim penilai lomba Desa dan juga dalam kapasitas sebagai Kadis PMD Kabupaten Minahasa. 


Fabian mengatakan "Ini adalah momentum bagi Kecamatan kami, khususnya bagi Masyarakat dan Pemerintah Desa Kiawa Dua Timur yang menjadi pemenang tingkat evaluasi perlombaan Desa tahun 2024 ini yang Dapat dijadikan motifasi bagi masyarakat serta pemerintah desa-desa lainnya di wilayah kecamatan Kawangkoan Utara dan sekitarnya," pungkas Fabian Mendur. 


Sebagai unsur Pemerintah di Kecamatan Kawangkoan Utara, Kapolsek Kawangkoan IPTU Sem Marthin SH juga memberi pujian bagi Desa Kiawa Dua Timur yang tentunya dari sisi jaminan sisten keamanan lingkungan (siskamling) di Desa ini terjaga dengan baik, sehingga bisa memenuhi syarat dalam indikator penilaian keamanan dan ketertiban di Desa. 


Acara evaluasi perlombaan Desa Kiawa Dua Timur ditutup dengan ucapa terima kasih dari Olie Karinda.SH selaku Hukum Tua (Kades). 


"Kami menyampaikan terima kasih kepada tim penilai dari tingkat Kabupaten serta kepada Camat, para Lurah dan Kades-kades lainnya. Juga kepada warga masyarakat dan seluruh perangkat Desa Kiawa Dua Timur yang sudah memberi diri, waktu, tenaga dan pikiran serta materi konsumsi, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik hingga selesai", pungkas Kuntua Olie Karinda.SH.


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru