Desa Tolok Satu Dan Kanonang Tiga Peluang Juara Lomba Desa di Kabupaten Minahasa -->

Sponsor

Desa Tolok Satu Dan Kanonang Tiga Peluang Juara Lomba Desa di Kabupaten Minahasa

Redaksi88News
Rabu

Hukum Tua (Kades) Desa Tolok Satu beserta aparat desa


Minahasa | 88News.id: Desa Tolok Satu adalah Desa pemekaran Desa Tolok Induk Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa. Hukum Tua (Kades) Meldy Onibala.SPd yang saat ini memimpin, melakukan percepatan pembangunan Desa bersama perangkat Desa yang dipimpinnya. 


Dalam penilaian ahir, tim perlombaan Desa dan Kelurahan dari tingkat Kabupaten Minahasa, Rabu (22/05/2024), Desa Tolok Satu adalah yang terakhir dinilai. 


Kehadiran ketua tim penggerak PKK Kabupaten Minahasa Djeneke Kumendong Onibala.SH.MSA,  yang juga adalah nyonya Pj Bupati Minahasa, merupakan indikasi kandidat juara lomba Desa Kabupaten Minahasa 2024. 


Menurut Sekretaris tim penilai lomba Desa dari Kabupaten Minahasa Ir.Hasna Said, mengatakan dalam penilaian kami kedepankan objektifitas. Jika memang faktanya suatu Desa itu layak sesuai prosedur dan syarat-syarat, itu akan kami tindak lanjuti dan juga melaporkan kepada pimpinan kami, dalam hal ini Kepala Dinas PMD dan juga kepada Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa, sehingga kami mendapat kesimpulan tentang layak atau tidaknya suatu Desa yang akan dipresentasikan langsung pada tingkat pimpinan Kabupaten. Selanjutnya, hasil dari penilaian tingkat Kabupaten Minahasa,  dibawa ke tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan dari tingkat Provinsi akan menilai Desa-Desa yang menjadi utusan Kabupaten/Kota se Sulut. 


Camat Tompaso Stenly Umboh.SSTP.MAP, mengungkapkan bahwa dalam upaya mempersiapkan segala sesuatu yang di syarat dalam perlombaan Desa tahun ini (2024), kami bersama Pemerintah Desa, khususnya Pemdes Tolok Satu dan bersama seluruh elemen masyarakat, telah bergotong royong menciptakan Desa yang layak diberi nilai baik untuk menjadi juara lomba Desa di Kabupaten Minahasa.


Seperti yang dikatakan Camat Tompaso Stenly Umboh,  "semuanya berkat topangan masyarakat. Tanpa dukungan dari masyarakat Desa Tolok Satu, tentunya pemerintah Kecamatan Tompaso dan pemerintah Desa Tolok Satu tidak bisa mencapai keinginan untuk menjadi juara satu dalam lomba desa Minahasa tahun 2024 ini. Untuk itu Camat Stenly Umboh dan Kades Tolok Satu menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Tolok Satu yang sudah menunjukkan bukti partisipasi sebagi kearifan lokal desa, menunjang dengan baik program pemerintah" pungkas Camat Tompaso.


Foto bersama Aparat Desa Kanonang Tiga yang mewakili Kecamatan Kawangkoan


Di lain tempat, Penilaian lomba Desa tingkat Kabupaten Minahasa di Desa Kanonang Tiga yang mewakili Kecamatan Kawangkoan, pada Rabu siang (22/5/2024) sampai selesai langsung dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa. 


Kegiatan penilaian yang dipusatkan di Balai Kemasyarakatan Desa Kanonang Tiga oleh Tim Penilai tingkat Kabupaten diikuti oleh seluruh perangkat Desa, BPD, LPMD, TPPKK , Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama dan jajaran Pemerintah Kecamatan Kawangkoan.


Lagu Indonesia Raya dan lagu Desaku Yang Kucinta menjadi pembuka kegiatan penilaian. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Djeneke Kumendong Onibala, SH, MSA mengatakan selamat berlomba bagi Desa Kanonang Tiga yang mewakili Kecamatan Kawangkoan demi Indonesia hebat.


Sekretaris Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Minahasa Ir. Hasnah Said mengatakan ada 3 indikator dalam penilaian lomba desa yaitu Pemerintahan, Kemasyarakatan dan Kewilayahan.


“Profil desa yang lengkap dan selalu di lengkapi dan terupdate membuka peluang untuk mendapat hasil terbaik menjadi juara. Ada keunggulan yang tidak dimiliki Desa lain sebagaimana disampaikan Tokoh Masyarakat Bapak Tumbelaka yang pada jamannya banyak orang Kanonang Tiga yang berprestasi sampai ketingkat Nasional dan boleh sampai ke Istana Negara.”ucap Hasnah Said.      


Hukum Tua Kanonang Tiga Verra V. Lumintang mengatakan sampai saat ini Kanonang tiga berstatus Desa mandiri dengan Jumlah penduduk 809 jiwa dan jumlah Kepala Keluarga 872″ ujar Lumintang.


Bahkan lanjut Lumintang bahwa warga Kanonang tiga yang bermukim di 4 jaga sesuai sejarah Desa awalnya adalah penduduk dari Tompaso yang berkebun di Kanonang.


“Sebagian besar penduduk Kanonang tiga menggantungkan hidupnya dari bertani diperkebunan yang ada disekitar Desa Kanonang Tiga dan Kanonang Raya”tambah Lumintang.


Camat Kawangkoan Eightmi Moniung,SH berterima kasih kepada seluruh tim penilai lomba Desa Kabupaten juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa.


“Terima kasih kepada Hukum Tua, Perangkat Desa, Lembaga Desa dan seluruh masyarakat Kanonang tiga yang mempersiapkan diri ikut lomba Desa tingkat Kabupaten menjadi utusan Kecamatan Kawangkoan” ujar Moniung.


Penulis : Harry

Baca Juga

Berita Terbaru