Empat Desa Sekaligus Gelar Sosialisasi Dana Desa -->

Sponsor

Empat Desa Sekaligus Gelar Sosialisasi Dana Desa

Redaksi88News
Rabu


Minahasa | 88News.id: Memasuki pertengahan tahun 2024, Desa Kanonang Tiga, Desa Tondegesan, Desa Tondegesan Satu dan Tondegesan Dua yang ada di Kecamatan Kawangkoan, melaksanakan sosialisasi Dana Desa (DD) untuk tahun 2024 ini. 


Kegiatan tersebut berlangsung hari ini Selasa (28/05/2024) di dua tempat, yakni balai serba guna Desa Tondegesan dan di balai Desa Tondegesan Satu Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. 


Sosialisasi DD ini adalah agenda tahun 2024 dari empat Desa tersebut yang berdasarkan musyawarah Desa (musdes) pada awal tahun ini. 


Menurut Hukum Tua (Kades) Tondegesan Beatrix Pangau.SE, yang menjadi peserta dalam sosialisasi DD kali ini adalah   perangkat Desa, para kepala Jaga, Ketua  dan anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) Pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) tokoh - tokoh Agama dan tokoh masyarakat serta pengurus penggerak PKK dari masing-masing Desa. 


Sedangkan nara sumber adalah kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Drs.Arthur Palilingan, kepala seksi (Kasi) intel Kejari Tondano,  Camat Kawangkoan Eightmi Moniung.SH, Kapolsek Kawangkoan IPTU.Sem Marthin.SH, Kades Kanonang Tiga Ferra V Tumbelaka Lumintang, Kades Tondegesan Beatrix Pangau.SE, Kades Tondegesan Dua Reigen Goni.SE dan Kades Tondegesan Satu Mimbri Pontoh. 


Pelaksanaan sosialisasi DD empat Desa yang ada di Kecamatan Kawangkoan ini, berlangsung dari pagi hingga pukul 15.00 WITA, menjelang sore secara tertib dan lancar. 


Dalam arahannya, Kasi Intel Kejari Minahasa Suhendro SH lebih mengedepankan tentang peraturan pengelolaan keuangan DD yang bersumber dari APBN, juga mengingatkan kepada pengurus Bumdes yang ada agar mampu mengelola Bumdes dengan baik dan benar agar tidak tersandung masalah hukum di kemudian hari. 


Sementara Kadis PMD Minahasa Drs.Arthur Palilingan juga menjelaskan tentang tata kelola DD yang dicairkan pertahap kegiatan pembangunan sarana prasaran dan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD serta bantuan ketahanan pangan. Dari jumlah total alokasi DD untuk Desa, itu tidak bisa ditarik sekaligus tetapi ada tahapannya yang sesuai pelaporan yang dimasukkan ke Dinas PMD Minahasa. 


Camat Kawangkoan Eigtmi Moniung.SH, juga memberikan arahan kepada para Kades serta para peserta sosialisasi DD yang berada di wilayah Kecamatan Kawangkoan, untuk terus membangun Desa secara baik dan benar serta berkeadilan. 


Kapolsek Kawangkoan IPTU.Sem Marthin SH yang baru saja ditugaskan di Kawangkoan, memperkenalkan diri serta menyampaikan tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di Desa agar Desa-Desa tidak mengalami hambatan dalam melaksanakan pembangunan demi kemajuan Desa itu sendiri.


Penulis : Harry

Baca Juga

Berita Terbaru