Desa Tompaso Dua Utara Dan Ronolambot Salurkan BLT DD Tahapan Berbeda -->

Sponsor

Desa Tompaso Dua Utara Dan Ronolambot Salurkan BLT DD Tahapan Berbeda

Redaksi88News
Kamis


Minahasa | 88News.id: Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada  hari Rabu (29/05/2024) oleh Pemerintah Desa Tompaso Dua Utara Kecamatan Tompaso Barat dengan Desa Ronolambot Kecamatan Kawangkoan Barat, baik dari jumlah KPM dan jumlah periode bulanannya berbeda-beda. 


Menurut Hukum Tua (kades) Desa Tompaso Dua Utara Jerry Pola, jumlah KPM penerima BLT DD di Desa yang dipimpinnya tersebut 44 KPM yang penyalurannya baru Lima (5) bulan. Yakni bulan Januari sampai pada bulan Mei 2024. 


Berbeda dengan yang dijelaskan oleh Kades  Ronolambot Veky Ruru. SH dimana Desa ini ada 42 KPM BLT DD dan baru menyalurkan untuk tahap pertama yaitu bulan Januari   Februari dan Maret dengan jumlah nominal  yang disalurkan sejumlah Sembilan Ratus Ribu Rupiah, rincian 300 Ribu pernbulannya. 


Dikatakan Kuntua Veky "Kami sudah menyalurkan BLT DD baru sampai pada tiga bulan pertama tahun 2024 ini. Jika urusan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa cepat prosesnya, seminggu yang akan datang,  kami segera menyalurkan untuk tahap dua yakni untuk BLT DD bulan April, Mei dan Juni," ujar Kuntua Veky Ruru. 


Kedua Kades yang ditemui secara terpisah di masing-masing Desa tersebut, mengungkapkan bahwa Alokasi Dana Desa (ADD) dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minahasa untuk gaji Penghasilan Tetap (Siltap) Kades dan perangkat serta kepala jaga, belum diterima sejak dari bulan Januari sampai pada ahir bulan Mei 2024 ini. 


Menurut Kades Jerry Pola dan Kades Veky Ruru,  "enam bulan lamanya kami belum menerima ADD yang adalah Siltap kami, Kasihan juga pada para perangkat dan para kepala jaga Desa kami", ujar kedua kades.


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru